Sabtu, 01 Desember 2012

Sholawat Nariyah




Sholawat Nariyah adalah sebuah sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah. Syekh yang satu ini hidup pada jaman Nabi Muhammad sehingga termasuk salah satu sahabat nabi. Beliau lebih menekuni bidang ketauhidan. Syekh Nariyah selalu melihat kerja keras nabi dalam menyampaikan wahyu Allah, mengajarkan tentang Islam, amal saleh dan akhlaqul karimah sehingga syekh selalu berdoa kepada Allah memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk nabi. Doa-doa yang menyertakan nabi biasa disebut sholawat dan syekh nariyah adalah salah satu penyusun sholawat nabi yang disebut sholawat nariyah.
Suatu malam syekh nariyah membaca sholawatnya sebanyak 4444 kali. Setelah membacanya, beliau mendapat karomah dari Allah. Maka dalam suatu majelis beliau mendekati Nabi Muhammad dan minta dimasukan surga pertama kali bersama nabi. Dan Nabi pun mengiyakan. Ada seseorang sahabat yang cemburu dan lantas minta didoakan yang sama seperti syekh nariyah. Namun nabi mengatakan tidak bisa karena syekh nariyah sudah minta terlebih dahulu.
Mengapa sahabat itu ditolak nabi? dan justru syekh nariyah yang bisa? Para sahabat itu tidak mengetahui mengenai amalan yang setiap malam diamalkan oleh syekh nariyah yaitu mendoakan keselamatan dan kesejahteraan nabinya. Orang yang mendoakan Nabi Muhammad pada hakekatnya adalah mendoakan untuk dirinya sendiri karena Allah sudah menjamin nabi-nabiNya sehingga doa itu akan berbalik kepada si pengamalnya dengan keberkahan yang sangat kuat.
Jadi nabi berperan sebagai wasilah yang bisa melancarkan doa umat yang bersholawat kepadanya. Inilah salah satu rahasia doa/sholawat yang tidak banyak orang tahu sehingga banyak yang bertanya kenapa nabi malah didoakan umatnya? untuk itulah jika kita berdoa kepada Allah jangan lupa terlebih dahulu bersholawat kepada Nabi SAW karena doa kita akan lebih terkabul daripada tidak berwasilah melalui bersholawat.
Inilah riwayat singkat sholawat nariyah. Hingga kini banyak orang yang mengamalkan sholawat ini, tak lain karena meniru yang dilakukan syekh nariyah. Dan ada baiknya sholawat ini dibaca 4444 kali karena syekh nariyah memperoleh karomah setelah membaca 4444 kali. Jadi jumlah amalan itu tak lebih dari itba' (mengikuti) ajaran syekh.
Agar bermanfaat, membacanya harus disertai keyakinan yang kuat, sebab Allah itu berada dalam prasangka hambanya. Inilah pentingnya punya pemikiran yang positif agar doa kita pun terkabul. Meski kita berdoa tapi tidak yakin (pikiran negatif) maka bisa dipastikan doanya tertolak.
Inilah bacaan sholawat nariyah yang terkenal itu :
"Allohumma sholli shollatan kamilah wa sallim salaman. Taman 'ala sayyidina Muhammadiladzi tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawa iju wa tunna lu bihiro 'ibu wa husnul khowatim wa yustaqol ghomawu biwaj hihil kariim wa 'ala aalihi washosbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi'adadi kulli ma'luu mi laka ya robbal 'aalamiin"


Artinya :
"Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurnah itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam"


·  Assalamualaikum
BUAH PEMIKIRAN
Mangga dicicipi, kalo enak yang ditelan, kalo gak enak yang di mangga muntahin …
Oleh
Muakhor Zakaria
SYAREAT TAREKAT
HAKEKAT MA’RIFAT
Rukun islam ada lima.jadi pemahamanya dari masing masing rukun adalah begini:
yang pertama syahadat
[1] SAREATNYA SAHADAT
yaitu mengucap dua kalimah sahadat.ASHADU ALLA ILLAHA ILLALLAH WA ASHADU ANNA MUHAMMADDAR ROSULLULLOH
[2] TAREKATNYA SAHADAT.
yaitu rahasianya (sholat jati) sholat jati ini adalah sholatnya nabi muhammad.perbedaan sholat jati dengan sholat sareat sangat berbeda sekali.kalau sholat sareat itu menggunakan sareat yaitu berdiri, ruku’,sujud,duduk tumaninah.tapi kalau sholat jati adalah dilakukan dengan hati dan rasa yaitu membaca setiap keluar masuknya nafas yang kita miliki.dan perlu kita ketahui keluar masuknya nafas kita itu ada artinya.masuknya nafas itu berbunyi HU dan keluarnya nafas itu berbunyi ALLOH.
(HU) artinya adalah(RASA) (ALLOH) artinya adalah(HIDUP) jadi sholat jati tidak akan pernah batal oleh apa pun.karna sholat jati di lakukan tidak secara dohir/lahir akan tetapi sholat jati di lakukan dengan hati dan rasa/qolbu.makanya di awal di jelaskan sholat jati adalah menghilangkan/menutup panca indra.walau kita sedang bekerja hati dan rasa kita tetap sholat,walau kita sedang bepergian namun hati dan rasa kita tetap sholat.meskipun bibir kita sedang berbicara.namun hati dan rasa kita tetap bertasbih hu alloh/rasa yang hidup.ibaratnya sholat dohir kita ingatnya kepada alloh hanya pada waktu shubuh,lohor,asar,magrib,isya dan sbagainya akan tetapi belum tentu pada waktu sholat kita ingat kepada alloh.akan tetapi sholat jati setiap detik,setiap jam,hari,minggu,bulan,tahun,dst tiada yang di imani dan di ingat selain alloh semata.jadi setiap tarikan dan hembusan nafas kita menjadi puji.puji kepada yang telah memberikan kita hidup yang asalnya wujud kita ini tidak ada.kemudian menjadi ada.
[3] HAKEKATNYA SAHADAT.
hakekatnya sahadat adalah adanya(hidup) jadi sahadat adala(hidup) jadi mengupas kata saha artinya(siapa) kemudian dat.mengkaji kata sahadat/siapa dat? dat artinya adalah alloh siapa sih alloh? tiada kata yang lain atau jawaban yang lain untuk menjawab siapa alloh.jawabanya tiada lain tiada bukan cuma satu kata yaitu: (HIDUP) jadi hidup satu memenuhi dunia.demikian pemahaman tentang hakekatnya sahadat.
[4] MA’RIFATNYA SAHADAT.
jadi pada waktu sholat jati/rasa.harus bisa merasakan badan di liputi nur muhammad/terang yaitu cahaya 7 rupa menjadi satu.yaitu cahaya hitam,merah,kuning,putih,hijau,violet,bintik2/yang di sebut nur muhammad.
rukun yang ke dua sholat
[1] SAREATNYA SHOLAT
yaitu:berdiri,ruku,sujud,duduk,salam
[2] TAREKATNYA SHOLAT
berdiri itu huruf >alif
ruku itu huruf> lam
sujud itu huruf>lam
duduk itu huruf>ha’
di gabungkan menjadi kalimah lafad(ALLOH)
[3] HAKETATNYA SHOLAT
yaitu pada waktu sholat jati akan bertajali kepada alloh
[4] MA’RIFATNYA SHOLAT.
harus bertemu dengan nur muhammad yaitu
narrun hawaun
maun turrobun
rukun yang ke 3 zakat
[1] SAREATNYA ZAKAT
mengeluarkan harta kepada fakir miskin.
[2] TAREKATNYA ZAKAT.
yaitu mengerjakan segala ilmu,tentang ilmu,memahami sifat ilmu.
[3] HAKEKATNYA ZAKAT.
pelaksanaan sholat jati.itu adalah menzakatkan diri kita kepada alloh
[4] MA’RIFATNYA ZAKAT.
yaitu:harus sampai bisa merasa ilang/hilang jasmani waktu sholat jati.karna hakekatnya sholat jati adalah sholatnya rasa atau qolbu.bukan sholat dohir atau jasmani.
rukun yang ke 4 puasa
[1] SAREATNYA PUASA
yaitu:ganti makan.siang jadi malam.
[2] TAREKATNYA PUASA
yaitu:tajali pada waktu sholat jati.
[3] HAKEKATNYA PUASA.
yaitu:menahan diri dari segala hawa nafsu.baik nafsu lahiriah maupun nafsu batiniah.
[4] MA’RIFATNYA PUASA.
yaitu:pada waktu sholat jati harus bertemu dengan bulan purnama yang di dalam badan kita/hidup.kalau hidup pandai merasa yang ada hanya rasa merasa.dan yang namanya merasa jumlahnya triliunan.tapi di sini kita ambil dua versi yaitu merasa bodoh dan merasa pinter.tinggal diri kita merasa apa?merasa bodoh apa merasa pinter?.kalau hati sudah merasa bodoh. maka hati adalah lautan kasih sayang alloh.tapi kalau hati sudah merasa pinter dan tidak tau pakemya/rem maka hati akan menjadi lautan sombong.dan rasa sombong dekat sekali dengan kekafiran.ingatkah kita akan sejarah? setan di usir dari syurga karna apa? karna satu yaitu sombong.semoga diri dan hati kita senantiasa terjaga dari hal hal yang demikian.
rukun yang ke lima haji
[1] SAREATNYA HAJI
yaitu:berjiarah ke mekah dan madinah ke makam nabi muhammad dan baitulloh.
[2] TAREKATNYA HAJI.
yaitu:pada waktu sholat jati akan bertajali kepada dat yang maha suci.
[3] HAKEKATNYA HAJI.
yaitu:melebur dosa-dosa.yang telah digunakan berbicara,tingkah laku,yang di gunakan kepada sifat keduniaan.
[4] MA’RIFATNYA HAJI.
tidak ada bilangan lima setelah melaksanakan.harus bisa merasa menjadi satu antara jasmani dengan rohani.
jadi pada dasarnya sareat,tarekat,hakekat,ma’rifat adalah bagian yang sama sekali tidak bisa di pisah kan.jadi tingkatan kelas agama ini di ibaratkan.seperti buah kelapa.
1.sareat ibarat:tepes/sepet/sabutnya kelapa
2.tarekat ibarat batoknya kelapa.
3.hakekat ibarat isinya kelapa.
4.ma’rifat ibarat minyaknya kelapa.
sareat tanpa tarekat adalah mustahil,tarekat tanpa hakekat itu juga mustahil,hakekat tanpa ma’rifat juga itu juga adalah mustahil.kalau di ibaratkan pada manusia.sareat adalah wujud tingkah laku anggota badan.sedangkan tarekat adalah hati.hati tempatnya ilmu,dan hakekat adalah rasa,dan ma’rifat adalah cahaya/hidup.hidup merasa,merasa hidup,hidup karna apa? karna ada yang menghidupkan,siapa yang menghidupkan? yang menghidupkan yang mempunyai hidup yaitu alloh.

2 komentar:

  1. alhamdulillah, trimakasih atas postinganya yg sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  2. Satu pertanyaan saja, sebagai analogi manusia bikin kue dapatkah kue itu dikatakan sebagai manusia, semoga saya tidak termasuk hamba yang sombong amin.. Ya rob

    BalasHapus